Interleukin 3

INTERLEUKIN 3

Interleukin-3 (IL-3) ​​adalah jenis sinyal biologis (sitokin) yang dapat meningkatkan respon alami tubuh terhadap penyakit sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Ini bertindak dengan mengikat reseptor interleukin-3.

IL-3 merangsang diferensiasi sel induk hematopoietik multipoten menjadi sel progenitor myeloid dengan penambahan IL-7, ke dalam sel progenitor limfoid. Selain itu, IL-3 merangsang proliferasi semua sel dalam garis keturunan myeloid (granulosit, monosit, dan sel dendritik), dalam hubungannya dengan sitokin lain, misalnya, Erythropoietin (EPO), granulosit makrofag colony-stimulating factor (GM-CSF), dan IL-6. ini disekresikan oleh basofil dan sel T aktif untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel T dari sumsum tulang dalam respon imun. Sel T aktif dapat menginduksi proliferasi dan diferensiasi mereka sendiri (sinyal autokrin), atau sel T lainnya (sinyal parakrin) – keduanya melibatkan IL-2 mengikat IL-2 reseptor pada sel T (diregulasi pada saat aktivasi sel, di bawah induksi makrofag-disekresikan IL-1). IL-3 Pada manusia mengkode protein 152 asam amino panjang, dan IL-3 alami yang glikosilasi.IL-3 pada manusia terletak pada kromosom 5, hanya 9 kilobases dari GM-CSF gen, dan fungsinya sangat mirip dengan GM-CSF.

Interleukin-3 awalnya ditemukan oleh JN Ihle pada tikus. Ia menemukan sel yang berasal faktor T yang diinduksi sintesis dehidrogenase 20alpha-hidroksisteroid dalam sel hematopoietik dan disebut itu interleukin-3. Interleukin 3 telah terbukti untuk berinteraksi dengan IL3RA.

 

Dari jurnal

IL-3 adalah sitokin glikoprotein yang terlibat dalam respon hematopoietik menular, imunologi, dan rangsangan inflamasi. Selain itu, administrasi klinis rekombinan IL-3 menambah pemulihan di negara-negara dari kegagalan sumsum alami dan pengobatan terkait. IL-3 bertindak dengan mengikat reseptor permukaan sel afinitas tinggi hadir pada sel-sel hematopoietik. Untuk menentukan situs (s) di mana IL-3 mengikat reseptor itu, kami menganalisis serangkaian antarspesies chimera faktor pertumbuhan untuk kegiatan mengikat dan biologi reseptor spesies-spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IL-3 mengikat reseptor dan memicu stimulus proliferatif melalui dua domain heliks noncontiguous terletak dekat terminal amino dan terminal karboksi molekul. Untuk menguatkan temuan ini, kami juga telah memetakan epitop mengikat 10 mAb dari manusia atau murine IL-3, dan telah menetapkan empat epitop yang berbeda. Dua epitop ini terdiri domain mengikat reseptor amino-terminal. Sebuah epitop ketiga sesuai dengan reseptor domain interaktif karboksi-terminal, dan epitop keempat, tampaknya tidak terlibat dalam interaksi IL-3 dan reseptor, terletak di antara situs-situs tersebut. Dan atas dasar immunoassays sandwich yang menggunakan pasang mAbs ini, dua reseptor daerah interaktif tampaknya berada dalam penjajaran dekat dalam struktur tersier molekul. Hasil ini memberikan korelasi hubungan struktur-fungsi IL-3 yang harus membuktikan berguna dalam mengevaluasi rincian IL-3-IL-3 interaksi reseptor dan desain rasional derivatif yang berguna secara klinis dari faktor pertumbuhan.

 

Nama Protein : Interleukin-3 , Nama pendek = IL-3 , Nama alternatif (s):  Faktor pertumbuhan hematopoietik , Faktor pertumbuhan sel mast , Nama pendek = MCGF  (Multipotensial colony-stimulating factor ) Faktor P-sel-stimulating

Urutan panjang : 152 AA.
Fungsi Granulosit / makrofag faktor penstimulasi koloni adalah sitokin yang bertindak dalam hematopoiesis dengan mengendalikan produksi, diferensiasi, dan fungsi 2 populasi terkait putih sel darah, granulosit dan monosit-makrofag.

CSF ini menginduksi granulosit, makrofag, sel mast, sel induk, sel erythroid, eosinofil dan megakaryocytes.

Struktur subunit Monomer.
Lokasi subselular Disekresikan .
Tissue spesifisitas Activated T-sel, sel mast, sel pembunuh alami.

 

 

 

Sumber

K Kaushansky, dkk,  Hubungan struktur-fungsi interleukin-3. Sebuah analisis berdasarkan fungsi dan mengikat karakteristik dari serangkaian antarspesies chimera dari siamang dan murine interleukin-3.  Divisi Hematologi, University of Washington, Seattle 98.195.

Murine interleukin3: structure, dynamics, and conformational (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21329364)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s